Rabu, 23 Juni 2010

PROSES PEMBUATAN FILM


proses pembuatan film ini menyenangkan :)
kita turun ke Semarang bawah untuk mencari daerah kumuh di Semarang. khususnya kita me-ekspose daerah Sawahbesar yang rajin banjir, memiliki kesejahteraan sosial yang rendah, rumah yang tidak layak huni, dan sama sekali tidak termasuk kategori kelas dunia.

shooting pertama:

kita turun ke Sawahbesar dan ternyata banjir yang biasa menyelimuti daerah tersebut sedang menggenang tinggi disana. kita merekam seluruh bagian yang terendam air, dan beberapa rumah kumuh yang ada disana. berhubung baru sekali kesana, kita baru melihat kesejahteraan sosial yang rendah. kami perhatikan rata-rata pekerjaan disana adalah buruh, PKL (pedagang kaki lima), tukang kayu, tukang besi dll.

shooting kedua

hari selasa tgl 20 juni telah terlaksanakan shooting kedua. tapi apa daya tangan tak sampai. lho? gak maksudnya gini, kita disana banyak menemukan kegiatan yang dilakukan walaupun banjir. misalnya anak-anak yang nyebur ke kalian, anak-anak yang meratapi nasibnya, anak-anak yang putus sekolah, pokoknya tragis. keadaan ini membuat kita sedih dan prihatin. kemudian kita terus jalan, eh malah nyasar ke daerah pedalaman yang ternyata disana lebih parah. lalu kita shoot semuanya..

shooting ketiga

tanggal 21 juni kita shooting kembali menelusuri daerah kumuh di Semarang. kita melakukan perjalanan yang menyedihkan. banyak kita temukan hal-hal sedih yang menyentuh hati. kita masuk dan jalan ke tempat banjir, mewawancarai warga, namun ada warga yang gamau diwawancara, ada juga yang minta imbalan, ada juga yang teriak-teriak histeris takut masuk tv. malah kita dikira ingin shooting "jika aku menjadi". seru juga perjalanan kali ini.

shooting keempat

tanggal 22 juni, this is final touch. kita mulai menelusuri daerah yang mempunyai kelas dunia. ini akan menjadi pertimbangan dareah kumuh sebelumnya. seru sekaliiiiii. (faktor umur). kita ingin sekali daerah kumuh yang ada di semarang berubah menajadi daerah yang indah dan asri seperti yang kita lihat ini.

oke selesai sudah shooting kita. now, it's time to editing.

goodluck for us :)

xoxo

1 komentar: